banner 728x250

Mengenal Blockchain dan Keunggulan yang Ditawarkan

  • Share
apa itu blockchain
banner 468x60

Inspirasitekno.comSelain metaverse, blockchain telah lebih dulu banyak dibicarakan. Teknologi blockchain ini tidak bisa dilepaskan dari mata uang digital seperti Bitcoin dan Cryptocurrency, meski sebenarnya ada banyak sektor selain mata uang digital tersebut yang bisa memanfaatkan teknologi blockchain tersebut.

Baca Juga: Apa itu Metaverse ?

 

banner 336x280

Jika Anda lihat namanya yaitu blockchain yang merupakan terdiri dari kata block dan chain, block artinya adalah kelompok dan chain artinya adalah rantai. Lantas apa blockchain tepat jika disebut sebagai kelompok rantai? Apa sebenarnya blockchain itu? Yuk kita cari tau melalui pembahasan di bawah ini:

 

1. Apa Itu Blockchain?

Blockchain adalah database yang terdistribusi dan dibagikan di antara node jaringan komputer yang saling berhubungan. Sebagai database, blockchain dapat menyimpan beragam informasi secara elektronik di dalam format digital.

Saat ini blockchain sudah sangat terkenal karena memiliki perang yang sangat penting dalam sistem cryptocurrency seperti mata uang digital Bitcoin dan yang lainnya, sehingga setiap transaksi yang dilakukan tetap aman.

Inovasi blockchain ini telah memberikan jaminan baru dalam keamanan mencatat data, sehingga dapat menghasilkan kepercayaan tanpa perlu adanya pihak ketiga. Perbedaan utama antara database biasa dengan blockchain ada pada cara mengumpulkan informasi.

Blockchain memiliki kapasitas penyimpanan tertentu dan ketika hal itu diisi, ditutup dan dihubungkan ke masing-masing blok sehingga dapat membentuk rantai data yang dikenal dengan blockchain.

Semua informasi di blockchain direkam dalam bentuk blok dan jika ada data atau informasi baru lainnya maka data tersebut akan ditambahkan serta dikompilasi menjadi blok baru.Kemudian akan ditambahkan ke rantai yang telah diisi sebelumnya. Sedangkan untuk database yang biasa, menyusun datanya ke dalam sebuah tabel.

Jadi jelas ya perbedaannya, database biasa tersusun datanya dalam tabel, sedangkan blockchain tersusun datanya dalam bentuk potongan blok yang di tangkai

 

2. Cara Kerja Blockchain

Tujuan dari adanya blockchain adalah agar informasi digital dapat direkam dan didistribusikan secara aman, sehingga tidak ada orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pengeditan.

Sehingga dengan cara ini setiap catatan transaksi tidak dapat diubah, dihapus maupun dihancurkan. Hal inilah yang membuat blockchain dikenal sebagai teknologi terbaru yang aman dan menjanjikan keamanan tingkat tinggi.

Blockchain pertama kali diusulkan sebagai sebuah proyek penelitian pada tahun 1991, konsep blockchain mendahului aplikasi atau mata uang pertama yang saat ini banyak digunakan yaitu Bitcoin yang mulai dikenal pada tahun 2009.

Dimulai saat itulah, teknologi berkembang dan mulai memperkenalkan keunggulan mereka seperti NFT, smart contract dan lain sebagainya. Kami tidak sabar untuk kemajuan dan perkembangan lainnya di bidang teknologi lainnya.

Apakah mungkin akan lahir kembali teknologi teraman seperti blockchain? Tidak ada yang tau, namun yang menjadi sebuah kepastian bahwa dunia ini akan selalu memperbaharui diri dengan sendirinya, seiring kemajuan manusia dan penghuninya.

Facebook Comments
banner 336x280
banner 120x600
  • Share