banner 728x250

Apa Itu Metaverse? Facebook Bertahap Membangun Metaverse

  • Share
metaverse
banner 468x60

Inspirasitekno.comMetaverse benar-benar menjadi topik yang hangat dan banyak dibicarakan para pakar di internet, tidak tanggung-tanggung perusahaan sekelas Facebook mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk metaverse.

Awal dari pendirian metaverse bermula dari merubah nama perusahaan Facebook menjadi Meta dan Mark Zuckerberg mengumumkan rencananya untuk membangun metaverse. Tapi apa sebenarnya metaverse? 

banner 336x280

Istilah metaverse ini telah ada pada tahun 1992 oleh Neal Stephenson di dalam buku fiksi ilmiahnya yaitu Snow Crash dan definisi tersebut mengacu kepada pengalamannya di 3D Virtual yang ada di alam semesta digitalnya sendiri.

Mark Zuckerberg sendiri mengatakan bahwa metaverse akan menjadi penerus internet seluler di masa depan. Dengan kata lain metaverse adalah ruang realitas virtual yang dapat dibuat, dijelajahi, dihubungkan dan bahkan dikerjakan oleh penggunanya.

Metaverse versi Mark Zuckerberg rencananya dapat diakses di beberapa perangkat berbeda yang memungkinkan penggunanya bisa membuat avatar mereka sendiri secara realistis, tidak hanya itu saja penggunanya juga bisa mendekorasi ruangan mereka sendiri.

Artinya Anda sebagai avatar dapat berjalan di sekitar rumah virtual Anda dan Anda bisa mengisi segala objek dirumah tersebut sesuai dengan keinginan Anda dan Anda juga bisa menempatkan rumah tersebut dimanapun yang Anda mau.

Rencana perusahaan Facebook milik Mark Zuckerberg untuk membangun metaverse, mungkin membuat sangat mengejutkan para pengguna aplikasi sosial media tersebut. Namun Facebook telah cukup lama terjun ke dunia virtual reality dengan berhasil meraih 700 juta pengguna setiap bulannya.

Visi Mark Zuckerberg dalam membangun metaverse tersebut dibangun di atas fitur-fitur yang sebelumnya pernah dirilis di Facebook. Selama ini Facebook telah berhasil merilis aplikasi Horizon Workrooms yang merupakan salah satu aplikasi untuk bekerja jarak jauh.

Aplikasi terlebih memiliki fitur berupa realitas virtual dan aplikasi tersebut bisa digunakan siapa saja yang memiliki headset Quest 2, Jika Anda memiliki headset tersebut. Maka Anda bisa melakukan pertemuan virtual dengan rekan kerja Anda yang menggunakan avatar.

Horizon memang benar-benar direncanakan Facebook menjadi platform sosial untuk membangun metaverse. Mengawali rencananya untuk membantu metaverse di ruang lingkup bekerja, Facebook akan segera menghadirkan Horizon home.

Horizon Home bisa digunakan pengguna untuk membangun rumah virtual mereka dan dapat mengundang teman terdekat ke rumah virtual Anda dan semua orang di ruang virtual tersebut menggunakan avatar sebagai identitas mereka.

Proyek masa depan lainnya yang berkaitan dengan metaverse adalah Horizon World yang memungkinkan pengguna membangun ruangan virtual selain ruangan bekerja dan rumah. Tidak hanya itu, metaverse juga akan berkembang untuk mencangkup hal-hal seperti game dan pendidikan.

Akan tetapi semua itu tidak akan segera tersedia, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa metaverse akan berkembang dan hadir selama lima sampai sepuluh tahun kedepan. Sementara perusahaannya yaitu Mera akan membuat alat yang dapat mendukung lahirnya metaverse.

Facebook Comments
banner 336x280
banner 120x600
  • Share